Translate

Rabu, 23 April 2014

Dibuai Pesona Karma Kandara (Pikiran Rakyat, April 2014)

Dibuai Pesona Karma Kandara
Oleh Meitha KH




Alam, memang selalu meninggalkan keindahan yang lekat di ingatan. Alam di Negeri kita ini, di tengah bencana yang meninggalkan duka, akan ada manfaat yang luar biasa. Di sekitar kita, di Indonesia, ternyata masih banyak sudut-sudut alam yang dapat kita nikmati dan kita cecap pesonanya. Seperti di Kecamatan Kuta  Selatan, Kabupaten Badung, Desa Ungasan, di Pulau Bali, terdapat sebuah kawasan atau pantai yang disebut  Karma Kandara.
                
Karma Kandara merupakan salah satu tempat wisata favorit di Uluwatu selain Pantai Dreamland. Untuk menuju tempat ini, membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dari Bandara Ngurah Rai bila menggunakan motor dan jarak tempuhnya sekitar 27 km dari kota Denpasar.
                
Aroma laut dan aroma udang. Siapa yang tidak tertarik dengan suasana ini. Menikmati makanan laut dan minuman dingin, di bawah atap bambu, memandang matahari tenggelam dengan lautan yang jernih. Batuan dan lumut hijau begitu transparan. Hidup semakin menggairahkan, duduk di restoran dengan bangunan yang natural, di sisi pantai Karma Kandara. Di bawah tebing melahap angin.
                
Memasuki tempat ini, dari area parkir, kita akan melewati sebuah lorong beratapkan daun-daun. Cahaya matahari menyelinap melalui tanaman rambat itu, menyentuh wajah kita. Dinding lorong terbuat dari batu-batu besar . Sekitar 200 meter, kita akan berjalan menuju tempat pertama, sebuah restoran di atas tebing dan kolam renang di sampingnya, juga hamparan laut di bawahnya.
                
Sedangkan untuk menuju pantai dan restoran bambu di bawah, kita harus menggunakan lift, semacam kereta gantung yang turun menyusuri tebing tersebut. Meskipun kawasan ini adalah sebuah resort dan pantai khusus untuk tamu yang menginap, bagi kita yang hanya ingin menikmati pantainya, dapat juga turun ke pantai tersebut dengan membeli tiket masuk seharga 250 ribu rupiah. Harga yang cukup pantas untuk pantai seindah ini.
                
Tapi tidak perlu khawatir, jika kita ingin menikmati pantai tersebut secara gratis, masih ada cara lain, hanya saja memang membutuhnkan tenaga lebih. Untuk memasuki area pantai, kita harus berjalan kaki melewati lorong sempit di antara tembok pagar pura dan hotel sampai di bibir tebing yang tingginya sekitar 150 meter, lalu menuruni 340 anak tangga yang berkelok. Cukup menantang bukan?
                
Di pantai ini, pengunjung tidak akan menemukan sampah. Pantainya begitu bersih, air laut pun sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Tidak sedikit wisatawan asing yang berlibur di pantai tersebut, untuk sekadar bersantai, bermain selancar, bermain pasir, berjemur, berpesta, dan menikmati makanan di restoran bambu. Berbagai  makanan tersedia di sini, seperti daging gurita yang begitu lezat, salad yang segar, dan minuman dingin yang membebaskan keringnya tenggorokan.  
                
Bukan hanya itu, Kawasan pantai yang disebut sebagai “Private Beach” ini,  menyediakan 46 Villa dengan tipe yang beragam. Ada 5 tipe dengan fasilitas dan pemandangan yang berbeda, seperti: Luxury Pool Villa, Ocean View Luxury Pool Villa, Grand Luxury Pool Villa, Ocean View Grand Luxury Villa, Cliftt-Front Residence, dan Grand Cliff-Front Residence. Kita dapat memilih pemandangan yang kita suka: kolam, laut lepas, atau tebing. Bagi Anda yang ingin berlibur atau ingin menikmati bulan madu. Tempat ini sangat cocok untuk dicoba. Kamar berukuran standart dapat diisi dari 2 sampai 4 orang. Sementara yang berukuran besar berbentuk rumah mewah dengan 3 lantai. Dilengkapi kolam renang pribadi di halaman belakang yang meghadap pantai, juga beberapa gazebo atau bale-bale kecil. Tipe ini cocok untuk liburan keluarga. Di lantai satu, tersedia satu kamar  tidur utama, 1 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang olahraga, ruang meeting, bioskop mini, dan dapur. Di lantai dua terdapat 2 kamar tidur,sedangkan lantai tiga khusus untuk massage dengan atap sedikit terbuka dan menghadap ke laut.  
                
Seperti fasilitas resort pada umumnya, layanan  Spa dan Sauna tersedia juga di sini. Namun yang istimewa adalah, kita bisa memanjakan tubuh tersebut sambil memandang pantai. Whirlpool yang terletak di atas bukit, ruang pijat setengah terbuka, semilir angin menyusup telinga. Ah, apalah namanya jika bukan surga. 
                
Ya, Karma Kandara memang menggoda. Tempat ini memiliki atmosfir yang berbeda dengan tempat lainnya. Berbagai inspirasi akan kita dapatkan di kawasan ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar