Translate

Senin, 10 Juni 2013

Sepatu Cinderella Bukan Dari Kaca


Sobat percil, tentu kalian sudah pernah membaca buku atau menonton film Cinderella. Dari kisah Cinderella yang kita baca atau kita tonton, ada adegan yang sangat berkesan dan kita ingat sampai sekarang. Yakni pada saat sang pangeran mengejar Cinderella yang menyebabkan sebelah sepatu Cinderella tertinggal di halaman Istana. Seperti yang kita ketahui sepatu Cinderella tersebut terbuat dari kaca. Kaca yang bening dan indah. Ternyata, kisah itu keliru. Kenapa bisa keliru?

Pada tahun 1967, seorang Perancis bernama Charles Perrault menyalin kisah Cinderella ke dalam bahasanya sendiri. Dalam kisah Cinderella sebelumnya, sepatu Cinderella itu terbuat dari bulu Tupai berwarna putih dan abu-abu, bukan dari kaca. Bahasa Perancis untuk kata bulu adalah ‘vair’. Tetapi Charles menyalinnya ‘verre’ yang artinya adalah kaca. Bunyi ‘verre’ sendiri sama dengan ‘vair’.

Sejak itulah kita selalu membayangkan sepatu Cinderella itu terbuat dari kaca yang berkilauan.  Sobat percil juga  tentu saja tidak menemukan sepatu kaca tersebut di dunia nyata.


Meitha KH/ dari berbagai sumber   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar